Kamis, 26 September 2013

Aplikasi RAGAM DAN LARAS BAHASA


Tanpa disadari ragam dan laras bahasa dalam kehidupan sehari-hari selalu mengikuti kita. Ragam dan laras bahasa sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Banyak macam-macam atau jenis ragam dan laras dalam kehidupan, seberapa penting ragam dan laras untuk kita? Saya akan memberikan sedikit pengaplikasiannya atau contohnya berikut ini.

Contoh yang akan saya ambil saat ini adalah ragam bahasa dalam dunia jurnalistik. Seperti yang kita ketahui seorang jurnalis pasti akan mencari banyak berita dan bertemu banyak orang di sekitar mereka. Terkadang mereka tidak melihat bagaimana keadaannya, disaat gentingpun mereka harus mencoba mencari dan mengejar agar mendapatkan berita dari beberapa sumber penting bagi mereka. Pada saat sebelum teknologi yang semakin canggih kita sebut saja alat perekam, biasanya para jurnalis yang memulai wawancara akan menuliskan hasil wawan cara mereka pada catatan kecil mereka terlebih dahulu, guna untuk nantinya dipindahkan dengan menggunakan bahasa ragam tulisan yang baik dan benar. Biasanya dalam catatan kecil mereka itu mereka hanya menuliskan kata-kata yang sangat singkat, yang biasa kita sebut bahsa jurnalistik. Mengapa seperti itu, hal ini dirasakan sangat penting karena saat nara sumber berbicara tidak mungkin seorang jurnalis menyurunya untuk pelan-pelan hanya karena dia ingin menulis pada catatannya itu. Oleh sebab itu disinilah ragam bahas jurnalistik digunakan. Pada ragam tulisan jurnalistik dapat berupa kata-kata atau sandi.
Contoh penulisan pada jurnalistik :
# Saya mengenakan alas kaki saat pergi ke kampus (TIDAK UMUM)
# Saya mengenakan sepatu saat pergi ke kampus (UMUM)
atau
# Saya menbeli balpoint ke warung (TIDAK UMUM)
# Saya membeli pulpen ke warung (UMUM)

Sumber http://media.kompasiana.com/buku/2012/11/18/bahasa-jurnalistik-509317.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar